Jumat, 07 Juni 2013

Perubahan wujud zad dapat dibedakan menjadi:

1. Melebur

          Melebur dapat diartikan sebagai perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Pada saat melebur, zat memerlukan kalor meskipun tidak mengalami kenaikan suhu. Titik lebur merupakan suhu pada saat suatu zat melebur. Kalor yang diperlukan untuk mengubah wujud 1kg zat padat menjadi zat cair dinamakan dengan kalor lebur atau kalor laten lebur.

L f = Q/m atau Q = m Lf

Keterangan : m = massa (kg)

Q = banyak kalor (J)

Lf= kalor lebur (J/Kg)

2. Membeku

Membeku dapat diartikan sebagai perubahan wujud zat cair menjadi padat. Kalor yang dilepas pada saat zat membeku disebut kalor beku atau kalor laten beku. Untuk suhu yang sama, kalor lebur = kalor beku.

3. Menguap

          Menguap merupakan perubahan wujud dari cair menjadi gas. Ketika menguap, zat memerlukan kalor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peristiwa berikut ini.

Ø Tetesan alkohol pada tangan akan menguap dengan cepat dan tangan akan terasa dingin. Hal tersebut timbul karena kalor diambil dari tangan kita.

Ø Ketika tubuh kita berkeringat setelah olahraga, janganlah berdiri didekat aliran angin yang kuat, karena aliran angin yang kuat akan menghasilkan pendinginan lebih pada penguapan keringat dan menyebabkan turrunnya ketahanan tubuh terhadap infeksi.

Kalor yang diperlukan untuk mengubah wujud 1 kg zat cair menjadi uap pada titik didih normalnya dinamakan dengan kalor uap atau kalor laten uap. Kalor uap disebut juga dengan kalor didih.

4. Menyublim

          Menyublim merupakan perubahan wujud gas menjadi padat. Sebagai contoh, karbondioksida cair hanya ada pada tekanan yang lebih rendah dari 1 x Pa (kira-kira 5 atm), padahal karbon dioksida padat dapat menyublim pada tekanan atmosfer. Oleh karena itu pada keaddaan normal karbon dioksida bila diberi kalor akan berubah menjaddi gas karbon dioksida tanpa melalui wujud cair terlebih dahulu.

5. Mengembun

          Mengembun merupakan perubahan wujud dari gas menjadi cair

6. Deposisi (Mengkristal)

          Deposisi atau mengkristal merupakan perubahan wujud dari gas menjadi padat

0 komentar :

Posting Komentar