Jumat, 07 Juni 2013

Suhu sangat dingin untuk melawan kanker. Apa yang dapat dilakukan oleh kalor terhadap kanker?

Para dokter saat ini sedang menguji suatu cara baru untuk menggunakan Cryosurgery untuk memusnakan beberapa jenis kanker. Awalan cryo berarti dingin atau membeku. Cryosurgery adalah penggunaan suhu ekstrem (sangat) dingin untuk memusnahkan jaringan yang sakit. Ini bukanlah teknik baru. Para dokter spealis kulit telah menggunakan cryosurgery selama bertahun tanun untuk memusnahkan tumor kulit. Yang baru adalah cara dimana cryosurgery sekarang digunakan untuk memusnahkan tumor ganas di dalam tubuh.

Ketika sel sel kanker menyebar melalui tubuh, satu di antara organ organ dalam yang bisa dijangkitnya adalah hati (liver). Pembedahan secara konvensional untuk kanker hati sangat rumit dan berbahaya. Hanya sedikit pasien yang dapat bertahan lebih dari setahun setelah pembedahan.

Cryosurgery memanfaatkan sebuah piranti kecil untuk membekukan tumor. Begitu piranti tersebur berhasil disisipkan ke dalam hati, piranti akan mengeluarkan nitrogen cair pada suhu kira kira -200 derajat celsius untuk embekukan tumor serta membunuh sel-sel kankernya. ahli bedah dapat mengamati prses yang memerlukan waktu kira kira 15 menit ini pada suatu layar monitor ultrasonik.

Umur bertahan hidup pasien pasien kanker hati yang menjalani cryosurgery ternyata jauh lebih lama daripada pasien yang menjalani pembedahan konvensional. Karena itu, para dokter sekarang berusaha menyempurnakan teknik ini dan mengembangkan penggunaannya untuk memusnahkan tumor di bagian tubuh lainnya, termasuk tumor otak.

Sumber : Prentice Hall Science, Heat Energi.

Apa yang terjadi jika Astronout di permukaan bulan menuangkan air pada suhu 20 derajat celsius dari termosnya ke dalam suatu bejana?

Telah anda ketahui bahwa tekanan di atas permukaan air menentukan titik didih air. Makin kecil tekanan, makin kecil titik didih air tersebut. Di bulan tidak ada atmosfer sehingga tekanan di atas permukaan air adalah nol. Jadi air akan mendidih dengan dahsyat. Kalor laten untuk mendidihkan air diambil dari air itu sendiri, sehingga air akan mandigin dan membeku menjadi es.

0 komentar :

Posting Komentar